AKTUALISASI KOTA RAMAH HAM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN

Syurya Muhammad Nur, Rasminto Rasminto

Abstract


ABSTRAK

Abstrak Tujuan tulisan artikel ini memberikan gambaran bahwa pentingnya kota ramah HAM dalam kehidupan masyarakat dalam mendapatkan Pendidikan yang baik dan untuk mengungkapkan ciri utama negara hukum modern (modern rule of law) sebagai peningkatan pemahaman tentang jaminan hak asasi manusia dalam konstitusinya. Metode penelitian dengan pendekatan deskriptif dan kepustakaan. Hasil kajian dalam penelitian ini adalah bahwa 1) Pendidikan merupakan hak yang mendasar dari kehidupan manusia untuk mengembangkan potensi diri dan pemikiran. 2) Di Indonesia, isu HAM sudah disinggung sejak awal kemerdekaan bangsa dengan termaktub dalam UUD 1945. 3) Upaya  perlindungan HAM, pemerintah membuat aturan dan regulasi untuk menciptakan Kota ramah HAM. Salah satu kriteria Kota ramah HAM adalah pemerintah mampu menghadirkan fasilitas pendidikan untuk anak-anak, pelayanan yang baik dan bersahabat tanpa adanya perundungan atau bullying. 4) Pendidikan HAM masih belum maksimal, maka hal ini harus diperhatikan lebih baik sebagai tanggung jawab Negara termasuk pemerintah pusat dan daerah, maupun tanggung jawab individu yang hidup bermasyarakat.

 

Kata Kunci: Kota Ramah HAM, Hak Asasi Manusia, Pendidikan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Herdiawanto, Heri, dkk. 2019. Kewarganegaraan dan Masyarakat Madani, Jakarta: Prenada Media Group.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Januari 2018. Rangkuman Statistik Pendidikan Dasar dan Menengah 2017/2018. Jakarta: Setjen Kemendikbud.

Symonides, Janusz. 2005. Human Rights: Concept ans Standards. England: Ashgate Publishing Limited.

Davidson, Scott. 1994. Hak Asasi Manusi. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Triyanto. 2013. Negara Hukum dan HAM. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Human Rights Council. 2015. Role of local government in the promotion andprotection of human rights – Final report of the Human Rights Council Advisory Committee. A/HRC/30/49.

Jurnal Hukum. 2016. Model Hukum Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Sebagai Hak Konstitusional Warga Negara di Wilayah Perbatasan Kab. Nunukan Prov. Kalimantan Utara. Volume 2 Nomor 1. Universitas Negeri Semarang.

Jurnal Ilmu Sosial dan Politik. Maret 2005. Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia: Menuju Democratic Goaernances. Volume B, Nomor 3. Yogyakarta: FISIPOL– UGM.

Jurnal Ilmu Hukum. 2017. Model Panduan Kriteria Desa Peduli Hak Asasi Manusia dalam Konteks Jawa Barat. Volume 4 Nomer 3. Universitas Padjajaran.

Jurnal Umum. 2015. SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: Antara Keinginan dan Realita. UIN Alauddin Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.