PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MORAL TERHADAP SISWA MELALUI PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH

Toni Toni, Hasmi Syahputra Harahap

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penerapan pendidikan karakter moral  terhadap siswa melalui pelajaran PPKn disekolah. Pendidikan karakter yang tepat sasaran akan memberikan kontribusi baik untuk siswa disekolah dan masyarakat. Untuk itu guru sebagai pengajar harus lebih maksimal dalam memberikan pendidikan moral di sekolah. Metode Penlitian atau teknik analisa menggunakan Deskriptif Kualitatif, peneliti mengambil  seluruh subjek siswa kelas VII, VIII, IX dengan total siswa sebanyak 81 siswa dengan cara wawancara tidak terstruktur, selanjutnya wawancara dengan guru PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan pemahaman tentang penerapan pendidikan karakter moral  terhadap siswa melalui pelajaran PPKn disekolah siswa lebih terbuka dalam pemahaman ilmu pengetahuan tentang pendidikan karakter moral. Dapat dilihat dari rasa ingin tahu siswa pada saat tanya jawab wawancara dikelas dan minat belajar siswa yang mulai tergugah untuk belajar lebih tinggi.  Moral siswa sudah mulai tampak perubahan dilihat dari pergaulan siswa pada saat berintraksi disekolah. Melalui Penerapan pendidikan karakter diharapkan siswa dapat memiliki pengetahuan secara intelektual yang tinggi. Peran guru tidak dapat dipisahkan dalam pengajaran disekolah sedangkan pengajaran sesuai dengan standar kurikulum pendidikan nasional.  

   

Kata Kunci: Pendidikan Karakter moral, Siswa, PPKn.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta, 3-181.

Al-Ikhwan al-safa. 1994. Ilmu Pendididkan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 226.

Budimansyah. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Pers. 23-24.

Fajar, Malik. 2002. Pendidikan Karakter Kontruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 8-9.

Hoge, J.2002. Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan dan Studi Sosial . Penelitian sosial. 93 (3) 103-104.

Hadi, K., Dazrullisa, D., Manurung, B., and Hasruddin, H. 2020. PCK analysis of teachers in Biology Learning Process using teaching material based on local wisdom by integrating character education through PBI models. Journal of Physics Conference Series. Vol 1477, issue 4. Doi:10.1088/1742-6596/1477/4/042056

Harahap, H,S., Turnip, J., & Sembiring, A, K,. 2020. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Siswa Di Smp Swasta Hkbp Simantin Pane. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 7, No 1, pp: 23-35.

Hadi, K., Dazrullisa, D., Hasruddin, H & Manurung, B. 2019. The Effect of Teaching Materials Based on Local Value Integrated by Character Education through PBL Models on Students' High Order Thinking Skill. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal. Vol. 1, No. 2, October 2019, Page: 213-223. doi:http://doi.org/10.33258/biohs.v1i2.54

Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan, Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Pusat Kurikulum.

Mudi Ilham. 2017. Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Prilaku Moral Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru Berdasarkan Pendidikan Orang Tua, Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2, (1), 35.

M. Furqon Hidayatullah. 2009. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta. Yuma Pustaka, 49-50.

Nur, dkk. 2019. Pendidikan Karakter Dalam Persfektif Kebudayaan (Studi pada Keluarga Suku Batak Toba), Jurnal Bina Gogik. 6, (2), 64.

Nazilah, R., Irmayanti., Harahap, H, S., & Harahap, R, D. 2020. The Effect of Discovery Learning Model on Students Learning Outcome at SMA Muhammadiyah 09. International Journal of Innovative Science and Research Technology. Volume 5, Issue 3, pp. 694-699.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Suharsaputra. U. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama, 107-108.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. (353).

Setiawan, Deni. 2013. Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. 3, (1), 56

Umi, Kalsum. 2011. Implementasi Pendidikan Berbasis PAIKEM (Sebuah Paradigma baru Pendidikan di Indonesia). Surabaya: Gena Pratama Pustaka, 25-27.

Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuniastuti. 2010. Eksistensi, Moral Dalam Pendidikan, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Nomor (2), 40.

Zuriah, N. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Bumi Aksara, Jakarta, 10-12

Ryan, K. 1996. Charakter Educcation in the Unitet State” Journal for a Just And Caring Education, No. (2), 75-78.

Sutiyono. 2013. Penerapan budi pekerti sebagai pembentukan karakter siswa di sekolah, jurnal pendidikan karakter, 3, (3), 34-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.