EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nandiansyah Universitas Negeri Jakarta
  • Endang Kurnianti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.466

Abstract

Di sekolah dasar pembelajaran matematika masih banyak ditemukan kendala, dalam hal ini banyak faktor penyebab salah satunya dari sisi siswa kurang motivasi belajar dan juga faktor kecerdasan seperti kecerdasan logika matematika. Hasil data survey PISA tahun 2018 menempatkan Indonesia pada peringkat 74, artinya peringkat keenam dari bawah dengan kemampuan matematika mendapat 379 di posisi 73. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang dilakukan dengan menelusuri berbagai studi literatur. Dalam penelitian ini menganalisis 10 referensi dari artikel dan buku terkait model pembelajaran connected dan kecerdasan logika matematis antara tahun 2018 dan 2023. Hasil analisis artikel menunjukkan keefektifan model pembelajaran Connected dalam meningkatkan kecerdasan logika matematis siswa. Dalam penelitian (Suanah, 2018), model pembelajaran Connected dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Matematika di kelas V sekolah dasar. Model pembelajaran connected efektif dalam melatih pemecahan masalah siswa, meningkatkan motivasi siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Model pembelajaran Connected efektif dalam meningkatkan kecerdasan logika matematis siswa sekolah dasar. Model pembelajaran Connected membantu meningkatkan pemahaman siswa dengan kegiatan yang tidak membosankan selama proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-06-16