ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG AKSESIBEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Rika Rahmawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Adi Mulyono Universitas Indraprasta PGRI
  • Rizka Fauziana Universitas Indraprasta PGRI
  • Qutrunnada Salsabila Yusup Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.465

Abstract

Artikel ini membahas mengenai pentingnya media pembelajaran yang aksesibel di SD Negeri Cisarua 01 untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi langsung di SD Negeri Cisarua 01. Hasil analisis menunjukkan adanya beberapa faktor penghambat utama yang mempengaruhi kebutuhan media pembelajaran yang aksesibel. Faktor-faktor  tersebut meliputi seperti metode pengajaran, lingkungan belajar, dan motivasi siswa mempengaruhi hasil belajar. Ditemukan bahwa terdapat hambatan dalam media pembelajaran yang dapat memengaruhi minat dan motivasi belajar siswa. Menciptakan media pembelajaran yang aksesibel dan efektif untuk siswa dapat menjadi tantangan, tetapi bukan tidak mungkin. Salah satu pendekatannya adalah berkolaborasi dengan masyarakat lokal dan pemangku kepentingan untuk memahami kebutuhan dan tantangan mereka. Dengan bekerja sama, kita dapat mengembangkan materi pembelajaran yang relevan secara budaya dan sesuai konteks yang lebih efektif dan menarik bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan perlunya pengembangan media pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan aksesibilitas dan meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri Cisarua 01.

Author Biographies

Adi Mulyono, Universitas Indraprasta PGRI

Mahasiswa di Universitas Indraprasta PGRI prodi Pendidikan Matematika 

Rizka Fauziana, Universitas Indraprasta PGRI

Mahasiswa di Universitas Indraprasta PGRI prodi Pendidikan Matematika

Qutrunnada Salsabila Yusup, Universitas Indraprasta PGRI

Mahasiswa di Universitas Indraprasta PGRI prodi Pendidikan Matematika

Downloads

Published

2023-06-16