IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI 101868 KIRI HILIR TANJUNG MORAWA

Nurmairina Nurmairina, Nila Lestari

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui proses model pembelajaran kooperatif learning pada pembelajaran tematik kelas V SD negeri 101886 kiri hilir 2). Untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V SD negeri 101886 kiri hilir. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah classroom action research dengan model tindakan kemmis &Taggart. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 30 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatka mina belajar siswa kelas V SD . Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh total kenaikan rata-rata saat observasi pada siklus I dan siklus II diperoleh kemampuan siswa dari 30 siswa diatas 75 %. Sehingga dapatlah disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif learning dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SD negeri 101886 Kiri Hilir.

Kata Kunci: Kooperatif Learning, Minat Belajar, Siswa

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anita Lie. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Aqib, Zainal dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bambang Sudibyo. 2008. Materi Road Show Dewan Pendidikan Bersama Tim Wajar Dikdas Kabupaten Kuningan. Kuningan : Dewan Pendidikan Kabupaten Kuningan.

Daeng Sudirwo. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Rangka Otonomi Daerah. Bandung : Andira..

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Pembelajaran Geografi Secara Kontekstual Untuk Guru SMP. Jawa Barat: Depdiknas.

Dewi, Rosmala. 2010. Profesionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Unimed: Pasca Sarjana.

Dinas Pendidikan Kota Bandung. 2004. Model – model Pembelajaran. Bandung: SMP Kartika XI.

Isjoni, H. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lynne Hill. 2008. Pembelajaran Yang Baik. Bulettin PGRI Kuningan (Edisi ke-23 / Juni 2008).

Mardhatillah, M., Verawati, V., Evianti, E., & Pramuniati, I. (2019). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1).

Mardhatillah, M., & Akmalia, N. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Metode Image Streaming Dengan Media Gambar Seri. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 2(2).

Mardhatillah, M., & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri

Miftahul, Huda. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Ro


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.