PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDIT NURUL ‘ILMI

Nila Lestari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa melalui Model Pembelajaran  Berbasis Masalah pada siswa kelas IV SDIT Nurul‘Ilmi kota Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  IV SDIT Nurul‘Ilmi kota Medan. Data tentang kemampuan menulis narasi ini dikumpulkan dengan tes dan aktivitas guru serta siswa melalui lembar observasi siswa kelas IV SDIT Nurul ‘Ilmi. Berdasarkan data yang diperoleh, dilihat dari hasil belajar menulis narasi. Hasil nilai rata – rata  siswa pada siklus I sebesar  65,71 dan nilai rata-rata pada siklus 2 sebesar  85,04, secara persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 adalah 33,33% dan persentase ketuntasan klasikal pada siklus 2 adalah 80,95%. Berdasarkan data ketuntasan klasikal  siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan hasil menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yaitu sebanyak 47,62%. Respon siswa terhadap pembelajaran menulis karangan narasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah sangat positif. Hal ini dapat didukung oleh data observasi aktivitas belajar siswa, dan catatan lapangan saat pembelajaran model Pembelajaran Berbasis Masalah, siswa menyatakan sangat senang mengikuti pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah.

 

Kata Kunci : pembelajaran berbasis masalah, menulis narasi, siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul, Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya Offset Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib,Zainal,dkk.2011.Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK.Bandung : Yrama Widya

Akhadiah, Sabarti.1997. Menulis I . Jakarta. Depdikbud. Arikunto, 2008.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta:PT. Bimi Aksara

Arikunto, 2008.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta:PT. Bimi Aksara

Dewi, R, 2010. Profesionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas, Medan: Paska Sarjana Universitas Negeri Medan..

Gie, The Liang. 1992. Pengantar Dunia Karang Mengarang.Yogyakarta: BPFE

Hamalik, O., 2010. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Keraf,Gorys.2005.Argumentasi dan Narasi.Jakarta:PT Gramedia.

Keraf,Gorys.2010.Argumentasi dan Narasi.Jakarta:Gramedia.

KTSP,2007.Yogyakarta:PustakaBelajar.

Mardhatillah, M., Verawati, V., Evianti, E., & Pramuniati, I. (2019). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1).

Mardhatillah, M., & Akmalia, N. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Metode Image Streaming Dengan Media Gambar Seri. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 2(2).

Mardhatillah, M., & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Muchlisoh.dkk.1996.PendidikanBahasa Indonesia 3 Modul1-9.Jakarta:Depdikbud.

Mulyati,Yeti dkk.2008.Kajian Bahasa Indonesia Jakarta : Universitas Terbuka.

Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riyanto, M. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Refrensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana.

Rahayu,Dewi Sri.2015.Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa Kelas V SD Negeri 101890 Dalu XA Kecamatan Tanjung Morawa T.P.2014/2015. Tesis tidak diterbitkan. Medan : Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Sanjaya, W. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana

Syahrilfuddin.dkk.2011.Bahan Ajar Penelitian Tindakan Kelas.Pekanbaru: Cendikia Insani.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Uno, H.B., 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu,Dewi `Sri.2015.Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa Kelas V SD Negeri 101890 Dalu XA Kecamatan Tanjung Morawa T.P.2014/2015. Tesis tidak diterbitkan. Medan : Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Sumber Internet

https://kangtofa.wordpress.com/2016/02/03/pengertian-pembelajaran-berbasis-masalah-menurut-para-ahli/

http://www.infodikdasmen.com/2018/07/perangkat-rpp-kelas-4-tema-1-sdmi.html

https://www.padamu.net/model-pembelajaran-berbasis-masalah

https://www.researchgate.net/figure/Gambar-1-Model-PTK-Arikunto-200816_fig1_309470944


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.