Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Six Thinking Hats untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar

Khairina Ulfa Syaimi, San Putra

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok degan menggunakan teknik six thingking hats untuk mengatasi kejenuhan belajar pada siswa SMP IT Nurul Ilmi Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan between-groups design model pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa 7 sesi, yang diselenggarakan 1 kali dalam 1 hari. Kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan apapun. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP IT Nurul Ilmi Kota Medan.

Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa dengan skor kejenuhan belajar yang tinggi yang terdiri dari 10 orang kelompok ekperimen dan 10 orang kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah instrumen kejenuhan belajar dengan empat pilihan dalam skala likert.

Teknik analisis data statistik dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan mean empiris untuk melihat rata-rata skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon signed rank test, dengan membandingkan gain score dari posttest dan pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol

 Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Six thingking hats, Kejenuhan Belajar.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Chang, E.C., Rand, K.L., & Strunk, D.P. (2000). Optimism and risk for burnout among working college students: Stress as a mediator. Personality and Individual Differences. 29, 255-263.

Corey, Gerald, (2012). Theory and Practice of Counseling and Psychoteraphy, eight edition, Thomson Brooks/Cole, USA.

de Bono, Edward, (1996). Teach Yourself to Think, Penguin Book , England, 1996 https://www.scribd.com/doc/23481248/Edward-de-Bono-Teach-yourself-to- think

Drummond, R.J., & Jones, K.D. (2010). Assesment Procedures for Counselor and Helping Professionals (7th ed.). New Jersey : Pearson Education, Inc.

Hakim, Thursan. (2004). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Balai Pustaka

jacob, ED E., (2009). Gourp and Counseling Strategies and Skills, Brooks Cole, Belmon, CA 94002-3098, USA

Maslach, C. (1998). A Multidimensional theory of burnout. In C.L. Cooper (ED), Theories of organizational stress. Oxford: Oxford University Press.

Mardhatillah, M., Verawati, V., Evianti, E., & Pramuniati, I. (2019). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1).

Noushad, P.P. (2008). From teacher Burnout to Student Burnout. Online submission to education resources Information Center. ERIC Document Reproduction Services. No. ED 502150

Prayitno. (2015). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang : Universitas Negeri Padang

Rahmati, Zeinab. (2015). The Study of Academic Burnout in Students with High and Low Level Of Self-Efficacy. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 171 (2015) 49- 55.

Wirdaningsih, W., & Mardhatillah, M. (2016). Penerapan Media Audio-Visual Terhadap Keaktifan Pada Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.