PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

Rosmeri Saragih, Netti Marini, Yuli Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan  model Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk menulis cerita fantasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa untuk menulis cerita fantasi dengan menggunakan model Mind Mapping (Peta Pikiran). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk essay tes. Data penelitian yang terkumpul diolah dan dianalisa sehingga diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pembeljran menuis cerita fantasi dengan ataupun tanpa menggunakan metode pet pikiran.Hasil penelitian juga menunjukkan ada peningkatan antara nilai rata- rata siswa pre- tes dan post- tes. Pada Pre- tes, nilai rata-rata siswa mencapai 57, 05 dan pada post- tes siswa mencapai 89, 38. Maka, penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerita fantasi dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) di kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jawa.

Kata Kunci : Model Mind Mapping ( Peta Pikiran)– Menulis- Cerita Fantasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. (2016). Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Azmussya’ni, Wangid Nur Muhammad. (2014). “Peningkatan Keterampilan Menulis”. Jurnal Prima Edukasia,Volime II, Nomor 1. Yokyakarta.

Dalman. (2012). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Harsiati. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs edisi revisi. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Huda, Miftahul . (2013). Model-model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harsiati, Titik dkk. (2016). Bahasa Indonesia, Jakarta : Pusat Kurikulum dan Kebudayaan.

Kurniasih, Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.

Riduwan. (2014). Metode Dan Teknik Menyusun Tesis.Bandung : Alfabeta.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, danR&D. Bandung : Alfabeta.

Shoimin, Aris. (2016). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa..

Yapi, Taum Yoseph. (2017). “Pembelajaran Sastra Berbasis Teks”.E- Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS. Volume II, Nomor 1, hlm. 12-22.http://e-journal.usd.ac.id. Diaksestanggal 5 Juli 2019

Yindri, Yahya. (2018).“KeterampilanMenulis Teks Cerita Fantas”i. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume II, Nomor III, Bengkulu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.