The UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN GAYA BELAJAR VISUAL PADA SISWA KELAS III SDN PULO GEBANG 06

Authors

  • Nur Fadhilah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jakarta
  • Aini Risqi Noviyanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jakarta
  • Dinda Salsabila Putri Soleha 5Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jakarta
  • Nidya Chandra Muji Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jakarta
  • Taofik Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.461

Abstract

Pembelajaran matematika adalah pembelajaran saintifik yang menggunakan nalar. Gaya belajar visual pembelajaran matematika dasar adalah memperoleh informasi dengan cara melihat informasi itu sendiri. Biasanya ini disajikan dalam warna, gambar, garis, tabel, grafik, simbol, dan diagram yang menarik. Kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan guru hendaknya adalah penggunaan gaya belajar yang tepat. Fakta di lapangan yaitu di SDN Pulo Gebang 06 menunjukkan bahwa guru kurang memperhatikan gaya belajar saat sedang belajar, dan masih banyak siswa yang belum memahami soal matematika berbentuk cerita. Media dan alat peraga yang digunakan juga mengurangi aktivitas siswa untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa di kelas III SDN Pulo Gebang 06 dalam menyelesaikan soal matematika teks dengan gaya belajar visual. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meneliti 29 siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kemampuan siswa kelas III SDN Pulo Gebang 06 dalam menyelesaikan soal cerita matematika meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan kemampuan memecahkan masalah cerita matematika siswa mencapai 23 siswa atau 79,31 %. Kemudian, pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 26 siswa, sehingga 89,66% yang berarti target kelulusan tercapai yang telah ditentukan oleh peneliti.

Downloads

Published

2023-06-16