UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUIPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK

Muhammad Rizky Mazaly, Nuraini Sri Bina, Doni Irawan Saragih

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs. Al-Jihad Medan yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari dua kelas yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipeinvestigasi kelompok.Hasil tes awal di kelas VII-1 diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 16,7% dengan rata-rata 49,75, sedangkan di kelas VII-2 diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 30% dengan rata-rata 54,28. Pada siklus I (kelas VII-1) terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66,7% dengan nilai rata-rata 69,92 sedangkan pada siklus II (kelas VII-2)  terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,7% dengan rata-rata 80,75. Ditinjau dari hasil tes yang diberikan kepada siswa dari segi aspek pemecahan masalah yakni pada siklus 1 diperoleh 29 siswa (96%) yang dapat memahami masalah, diperoleh 18 siswa (60%) yang dapat merencanakan penyelesaian masalah, diperoleh 13 siswa (43,3%) yang dapat menyelesaikan masalah, dan diperoleh 17 siswa (56,7%) yang dapat memeriksa kembali. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 30 siswa (100%) yang dapat memahami masalah, 23 siswa (76,7%) yang dapat merencanakan penyelesaian masalah, 21 siswa (70%) yang dapat menyelesaikan masalah, 23 siswa (76,7%) yang dapat memeriksa kembali. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori baik. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori sangat baik.

 

Kata-kata kunci:InvestigasiKelompok, KetuntasanKlasikal, PemecahanMasalah, PembelajaranKooperatif, Penelitian Tindakan Kelas


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fadila, A. et al. (2019) ‘The Influence of Group Investigation Learning Implementation Judging From Learning Motivation Against Students’ Mathematical Problem Solving Ability’, in Journal of Physics: Conf. Series 1155. doi: 10.1088/1742-6596/1155/1/012098.

Holidun, H. et al. (2018) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial’, Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), pp. 29–37.

Oh, P. S. and Shin, M.-K. (2005) ‘Students’ Reflections on Implementation of Group Investigation in Korean Secondary Science Classrooms’, International Journal of Science and Mathematics Education, 3, pp. 327–349.

Polya, G. (1973) How to Solve It (New of Mathematical Method). Second Edi. New Jersey: Prence University Press.

Ramadhani, R. (2017) ‘Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph’, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 10(2), pp. 72–81. doi: 10.30870/jppm.v10i2.2032.

Ramadhani, R. (2018) ‘The enhancement of mathematical problem solving ability and self-confidence of students through problem based learning’, Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta, 5(1), p. 127. doi: 10.21831/jrpm.v5i1.13269.

Rusman (2012) Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Suherman, E. (2003) Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suriati, S. (2019) ‘Analisis Prestasi Belajar Matematika : Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square Ditinjau dari Aktivitas Belajar’, Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), pp. 181–188. doi: 10.24042/djm.v2i2.4374.

Tambunan, H. (2019) ‘The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills’, International Electronic Journal of Mathematics Education. Modestum Limited, 14(2), pp. 293–302.

Turgut, S. and Turgut, İ. G. (2018) ‘The Effects of Cooperative Learning on Mathematics Achievement in Turkey: A Meta-Analysis Study’, International Journal of Instruction, 11(3), pp. 663–680.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.