PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Lili Tansliova, Berlian R. Turnip, Dwi Enda Apriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) untuk menulis teks eksposisi dan menjelaskan  kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk pre- test dan pos- test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan sekaligus  peningkatan hasil belajar antara nilai rata-rata siswa dari pre- test dan pos- test. Pada pre- test, nilai rata-rata siswa mencapai 65, 48 dan pada pos- test siswa mencapai 87, 91. Hal ini berarti bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapian Dolok dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)..

 

Kata Kunci : model Student Team Achievement Division (STAD),  menulis, teks eksposisi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2012). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Yogyakarta : Kata Pena

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjamasin : Aswaja Pressindo

Nurgiyantoro. (2009). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riduwan. 2014.Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rosidi. (2009). ”Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Metode Brainwriting” Jurnal Paedagogik Volume 13 Nomor 1 . Diakses tanggal 1 Agustus 2019

Rusman. (2014). Model – model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru ). Jakarta : Raja Grafindo Persad.

Semi, M. Atar. (2010). Menulis Efektif. Padang : Angkasa Raya.

Shoimin, Aris.(2016.68) Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 3013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Buana Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wiyanto. (2006). “Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP” Jurnal Deiksis Bahasa dan Sastra Indonesia Vol % No. 1 Tahun 2018. Diakses tanggal 1 Agustus 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.