Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Buku Saku Digital terhadap Pemahaman Konsep Matematis

Risky Adhyaksono, Imam Syafei, Rizki Wahyu Yunian Putra

Abstract


Abstrak Tujuan dari penelitian ini ialah  untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) menggunakan buku saku digital untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. PenelitianYyangDdilakukan dengaPpenelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan random sampling dengan teknik cluster random sampling.Teknik Pengumpulan Data”Tes (essay) untuk mengukur  kemampuanRpemahaman konsep peserta didik . Teknik-Analisis-Uji Coba-Instrumen-Penelitian yang digunakan untuk mengukur data penelitian telah valid dan bisa digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur diantaranya uji validitas”uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, daya beda, teknik”analisis data dengan Gain yang dinormalisasi (N-Gain). Dalam penelitian ini teknik analisis data untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan ANOVA.

Kata kunci : Pemahaman Konsep; Think Talk Write; Buku Saku Digital


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al Farisyi, S., Syafe’i, I., & Pratiwi, D. D. (2018). Modul Elektronik Matematika Berpendekatan Contextual Teaching Learning untuk Peserta Didik MTs Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1, 423–431.

Arnidha, Y. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Bangun Datar. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 3(1), 53–61.

Desimyari, M., & Manuaba, I. S. (2019). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1), 141–150.

Elida, N. (2012). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Infinity Journal, 1(2), 178–185.

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

HASANAH, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (t.t.). MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135.

Hendrawan, M. R., & Hum, M. (t.t.). Leading Knowledge Management in the International Organization: The United States Agency for International Development (USAID) Perspective. Arabic Alphabet Retrieval System for OPAC Using Digital Tree Method Maisyahtus Su’adaa Irfana, Moch Yasin 1-5 Big Data, Data Analyst, and Improving the Competence of Librarian Albertus Pramukti Narendra 6-11 Challenges and Strategies to Develop a Positive Image of the Library, 95.

Hutagalung, A. M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Besaran Dan Pengukuran Di Kelas X SMA Negeri 1 Balige. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 39–44.

Kusuma, J. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STIE Bina Bangsa pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Listiana, L. (2013). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write). Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 10.

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 11(2), 176–188.

Muhsinin, M., & Navi, I. (2017). Efektifitas Pembelajaran Sentra di Kecamatan Trowulan Mojokerto. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 107–124.

Nur, R., & Sholah, A. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2.

Nurdyansyah, N. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47.

Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9–14.

Putri, Y. F., & Sumbawati, M. S. (2017). Pengembangan Aplikasi Buku Saku Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Hukum Kesehatan di Akademi Farmasi Surabaya. Jurnal IT-EDU, 2(2), 88–94.

Rahmawati, N. L., Sudarmin, S., & Pukan, K. K. (2013). Pengembangan buku saku ipa terpadu bilingual dengan tema bahan kimia dalam kehidupan sebagai bahan ajar di MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1).

Simanjuntak, M. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW) dan Software Autograph dalam Mempersiapkan Pendidik Matematika menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(2), 71–80.

Sumadi, N. G., Sholihah, N., & Musannadah, R. (t.t.). XVI. Penerapan Model Think-Talk-Write (Ttw) Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Menurunkan Mathematics Anxiety Siswa. Dewan Redaksi, 151.

Sunantri, A., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1).

Supraptinah, U., Budiyono, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning, Dan Think-Talk-Write Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(10).

Surtriyanti, E., Panjaitan, R. L., & Sudin, A. (2017). Pengaruh metode pembelajaran pictorial riddle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sd pada materi pelestarian lingkungan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 331–340.

Syahroni, M., Nurrochmah, S., & Amiq, F. (2016). Pengembangan buku saku elektronik berbasis android tentang signal-signal wasit futsal untuk wasit futsal di kabupaten pasuruan. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(2).

Utari, E. S. (2019). Peran Model Pembelajaran Think Talk Write Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 794–801.

Wati, R. J., Syafe’i, I., & Suri, I. R. A. (2018). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Cubes dan Star Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1, 495–498.

Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp Negeri 6 Situbondo. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 64–81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.