PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS XSMA NEGERI 2 BOYOLALI

Rizqi Nur Astuti Nur Astuti, Umbu Tagela, Setyorini Setyorini

Abstract


 

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalaah teknik random sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Angket bimbingan belajar disusun berdasarkan teori W.S. Wingkel (2004) dan angket pemahaman gaya belajar Nugroho (2007) yang dikembangkan oleh Rizqi Nur Astuti (Penulis). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS for Windows 20.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar  (5,830) > t tabel (1,977), R = 0,442, koefisien determinasi R Square = 0,195 dan signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima.Maka artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Boyolali.

 

Kata-kata Kunci: Bimbingan Belajar, Pemahaman Gaya Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad, Juntika Nurihsan. 2006. Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar dan. Kehidupan. Bandung : PT Reika Aditama

.2014 .Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latardan. Kehidupan. Bandung : PT Reika Aditama

Anni, Catharina Tri. 2007. Psikologi Belajar.Semarang: UPT Unnes press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Awalya. 1995. Upaya Pemahaman Siswa yang Dilakukan konselor Dalam Melaksanakan Bimbingan Di Sekolah Studi Deskriptif-Analitik Terhadap Pengalaman Upaya Konselor Memahami Siswa SMA Negeri 1 Semarang.Tesis, Tidak diterbitkan. Semarang.

DePorter, Bobbi. 2001. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Dewa Ketut Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Dunn dan Dunn dalam Sugihartono,2007, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati,2013, Gaya Belajar Kajian Teoritik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gonsongeng, Josnah Ali Amat. 2004. Hubungan Antara Pelaksanaan Layanan Informasi Bidang Bimbingan Belajar Siswa SLTP Negeri 36 Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004.Skripsi.FIP.UNNES.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

James dan Gardner dalam Ghufron dan Risnawati,2013, Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

M. Joko Susilo. 2009. Sukses dengan Gaya Belajar. Pinus. Yogyakarta.

Nugroho. 2007. Belajar Mengatasi Hambatan Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakaraya Persada.

Prayitno dan Amti Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:

Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sri, Utami,2009. Pengaruh Layanan Informasi Bidang Bimbingan Belajar Terhadap Pemahaman Gaya Belajar Siswa Kelas 7 di SMP Negeri 3 Ungaran Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi.FIP.UNNES

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo

Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Bina Aksara

Winkel, W. S dan Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Istitusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.