GERAKAN LITERASI SEKOLAH: PELAKSANAAN, HAMBATAN, DAN SOLUSI (STUDI KASUS DI SD GHUFRON FAQIH SURABAYA)

Indi Rizka Aisyi, Syamsul Ghufron, Dewi Widiana Rahayu, M Thamrin Hidayat

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitaian ini adalah untuk mendeskripsikan gerakan literasi sekolah di sekolah SD Ghufron Faqih Surabaya. Penelitaian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas SD Ghufron Faqih. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, menampilkan data, dan memverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah pergerakan literasi sekolah di SD Ghufron Faqih memiliki tiga tahapan yaitu tahapan pembiasaan, pengembangan, dan pengembangan, setiap tahapan yang memiliki tantangan dan solusi masing-masing.Gerakan literasi sekolah yang ada di SD Ghufron Faqih juga sangat penting dalam meningkatkan minat membaca dan meningkatkan kualitas prestasi peserta didik.

 

Kata Kunci: gerakan literasi sekolah, pelaksanaan, hambatan, solusi.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Akbar. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penumbuhan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Antasari. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto. LIBRIA, Vol. 9, No. 1.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Desiska. (2019). Evaluasi Penguatan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gembongan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Faradina, Nindya, (2017). “pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di sd islam terpadu muhammadiyah an-najah jatinom klaten”, Hanata Widya, Vol. 6 No. 8. Hal. 60-69.

Fangestika. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universita Negeri Yogyakarta.

Hastuti. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Kediri: Universitas Kahuripan Kediri. Vol. 1 no. 2.

Hidayah. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Ditinjau Dari Tahap Pengembangan Di Sd Unggulan Aisyiyah Bantul. Bantul: Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 1 No. 1

Hidayat, Basuki, Akbar. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah dasar. Malang: Volume 3. Nomor 6. Hal. 810-817.

Hutapea, E. 3 Hal Ini Jadi Penyebab Rendahnya Minat Baca Anak Indonesia. [Online]. Tersedia: https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/10/15225581/3-hal-ini-jadi-penyebab-rendahnya-minat-baca-anak-indonesia?page=all [20 Juni 2020]

Labudasari, E. (2018). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Cirebon: Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Marlini. (2019). Upaya Kegiatan 30 Menit Baca Bersama Sd N 01 Batu Payuang Kabupaten Lima Puluh Kota Meningkatkan Literasi Siswa. Padang:Universitas NegeriPadang.

Nurjaya. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di SMA Negeri 1 Singaraja. Singaraja: Volume. 7 No. 2.

Pahrurrazi. (2018). Analisis Minat Baca Siswa di Perpustakaan SDN 37 Pekanbaru. Riau: Univiversitas Riau.

Pradana. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang. Semarang: Universitas Negeri Semarang. [skripsi].

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis, Edisi 1. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarni, S. (2008). Bahasa Indonesia 2 SMA kelas XI. Quandra.

Wandasari. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Tanah Abang: SMK Negeri 1. Volume. 1 No. 1.

Wulandari. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.