PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF (BUDIN) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MEULABOH

Feni Saswulan, Khairil Hadi, Fetro Dola Syamsu

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar biologi yang efektif terhadap pemahaman konsep siswa SMA Negeri 2 Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian reseach and development (R&D) dengan mengikuti model Pengembangan Borg and Gall. Tahap Penelitian yang dilakukan adalah identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, revisi produk, uji coba produk. BUDIN dikembangkan menggunakan paket software 3D PageFlip Professional dengan memadukan antara teks, animasi, gambar, video serta audio. Berdasarkan analisis potensi dan masalah, maka uji coba dilakukan di SMA Negeri 2 Meulaboh. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dari Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Data yang diambil dalam penelitian adalah validasi BUDIN oleh ahli materi, media, dan bahasa, angket tanggapan siswa, angket tanggapan guru terhadap penerapan BUDIN, serta hasil pemahaman konsep siswa. BUDIN yang dikembangkan dinilai valid oleh validator materi dengan memberikan skor persentase 95.24% (kriteria valid), media dengan skor persentase 95.83 (kriteria valid), dan bahasa dengan skor persentase 87.5 dengan kriteria valid dengan rata-rata persentase sebesar 92.85% (kriteria sangat valid). Siswa memberi tanggapan dengan persentase 75,83% (kriteria baik), guru memberi tanggapan dengan persentase 100% (kriteria sangat baik), dan hasil pemahaman konsep siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Buku Digital Interaktif (BUDIN) layak dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran materi struktur dan fungsi sel di SMA.

 

Kata Kunci  : Buku Digital Interaktif (BUDIN), efektif, layak, struktur dan fungsi sel

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hadi, K. 2018. Pengembangan model problem based learning Berbasis kearifan lokal pada materi Keanekaragaman hayati kelas X Di kabupaten aceh selatan. Jurnal Bionatural , 4 (2), 42-52

Hadi, K., Dazrullisa, D., Hasruddin, H & Manurung, B. 2019.The Effect of Teaching Materials Based on Local Value Integrated by Character Education through PBL Models on Students' High Order Thinking Skill. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal. Vol. 1, No. 2, October 2019, Page: 213-223. doi:http://doi.org/10.33258/biohs.v1i2.54

Dola, Syamsu Fetro. 2018. Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP kelas VII Semester Genap. Universitas Negeri Padang. Journal Bionatural

Perdana. 2013 Pengembangan Buku Digital Interaktif (BUDIN) Berbasis Adobe Creative Suite Pada Materi Genetika DI SMK. Semarang Juli 2013

Priyanto SH. 2012. Kriteria Baku Buku Ajar. Makalah disampaikan padaWorkshopPenulisan Buku Ajar Dosen Kopertisi VI. UKSW. Salatiga 31 Mei – 1 Juni 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.