KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PACE (PROJECT ACTIVITY COOPERATIVE EXERCISE) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POLEWALI

Muhammad Assaibin, Wahyuddin Wahyuddin, Riska Husain

Abstract


Abstrak: Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui adakah Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis melalui Model PACE (Project Activity Cooperative Exercise)siswa kelas VIII smp negeri 1 polewali. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis, lembar aktivitas siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil analisis statistik, nilai rata-rata pretest pada kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen yaitu 35,45 dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yaitu 37,17. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 83,92 dan kelas kontrol 74,87. Dilihat dari aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 94,15%. Hasil perhitungan uji t untuk data posttest diperoleh data nilai  sebesar 3,521. Sedangkan untuk nilai  sebesar 1,670 yang berarti  yaitu 3,521 >1,670. Dari hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial disimpulkan bahwa ada perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis melalui Model PACE (Project Activity Cooperative Exercise)kelas VIII SMP Negeri 1 Polewali.

 

Kata kunci: Model PACE, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Komunikasi Matematika.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fitrina, T., Ikhsan, M., & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 87-95.

Mariyati, E. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 1 Gading Rejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019).

Rahman, A. A., & Yunita, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pace Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa Di Kelas Vii Smp Materi Geometri.MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/104

Tiro Arif, 2014. Dasar-Dasar Stastika. Makassar ; Andira Publisher

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.

Ulfah, S.N. 2018. Pengaruh Model PACE (Project, Activity, Cooperative and Execise) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Bachelor’s Thesis, Jakarta : FITK UIN Syariah Hidayatullah Jakarta).

Yuniarti, Yeni. 2014. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Dekolah Dasar. EDU HUMANIORI: Jurnal Pendidikan Dasar 6(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.