PENGARUH DARI DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Zulfikar Ali Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yari Dwikurnaningsih Universitas Kristen Satya Wacana
  • Setyorini Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.447

Keywords:

Dampak Game Online, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMP Kristen 2 Salatiga dengan subyek kelas VIII. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang
signifikan pengaruh dari dampak game online terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP
Kristen 2 Salatiga. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 76
siswa. Karena populasi yang kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel untuk hasil yang
lebih valid. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga
yang berjumlah 76 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala dampak game
online dan skala motivasi belajar, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Margaretha (dalam
Bahana, 2008) dan teori Kurniawan (dalam Manoppo, 2005). Untuk pengolahan data menggunakan
progam SPSS for Windows 20.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari dampak game online terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Kristen 2
Salatiga dengan hasil t hitung sebesar (3,819) > t tabel (1,995), R = 0,406, koefisien determinasi R Square =
0,165 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0.05, menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian
tujuan penelitian dapat dicapai.

Downloads

Published

2019-07-31