PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VII

Authors

  • Panji Rahmanto Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Yari Dwikurnaningsih Universitas Kristen Satya Wacana
  • Setyorini Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.446

Keywords:

media komik, bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik bullying yang dapat digunakan guru
BK dalam memberikan layanan bidang pribadi dan sosial, sebagai upaya mencegah perilaku bullying.
Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development dengan prosedur pengembangan mengacu Borg
& Gall (2003). Langkah-langkah mengumpulkan data yang dilakukan di kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga,
merumuskan tujuan dan membuat media komik. Alat evaluasi menggunakan skala penilaian akseptabilitas (by
the Joint Committee on Standards for Educational Evaluation, dalam Handarini, 2000). Uji ahli dilakukan
dengan ahli bidang media gambar dan ahli dari bidang BK serta uji coba diterapkan pada 2 guru BK. Hasil
penilaian ahli media dan ahli dari BK antaralain: indikator kegunaan 89.28%, indikator kelayakan 75% dan
indikator ketepatan 78.12%, sedangkan hasil uji konselor sekolah antaralain: indikator kegunaan 83.92%,
indikator kelayakan 87.5%, dan dari indikator ketepatan 85.57%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
produk komik bullying sudah memenuhi kriteria dan layak untuk digunakan sebagai media layanan bimbingan
dan konseling dalam bidang pribadi dan sosial.

Downloads

Published

2019-07-31