PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X IPA DI SMA NEGERI I MEUREUBO ACEH BARAT

Authors

  • Fetro Dola Syamsu STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Ira Susanti STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.444

Keywords:

Media, Audio, Visual, Hasil Belajar, Respon Siwa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan
media audio visual pada mata pelajaran biologi materi virus di SMA Negeri 1 Meureubo
Kabupaten Aceh Barat dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa selama mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini mengggunakan desain
penelitian randomized subject postest only control group dimana penelitian termasuk kategori
quasi experimental design. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan pembelajaran audio
visual sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan metode konvensional tanpa
menggunakan media audio visual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas kontrol
diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 71,750. Sedangkan pada kelas eksperimen
diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78,833. Dengan demikian hasil nilai rata-rata hasil
belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil
belajar siswa pada kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung >
ttabel yaitu 2,319 > 1,713 dengan signifikasi sebesar 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah
terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa yang
menggunakan media audio visual dengan rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan
media audio visual dalam proses pembelajaran terhadap siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1
Meureubo Kabupaten Aceh Barat.

Downloads

Published

2019-07-31