MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUAK GEUDUBANG KECAMATAN SAMATIGA

Authors

  • Dian Kristanti STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meurebo Kab. Aceh Barat 23615
  • Pia Yunidar STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meurebo Kab. Aceh Barat 23615

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.399

Keywords:

Kreativitas, Contextual Teaching and Learning, siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran ang dapat meningkatkan kreativifitas siswa pada materi bangun datar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri Suak Geudubang Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian berjumlah sebanyak 9 orang yang terdiri dari  4 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan, dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Suak Geudubang Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Waktu penelitian pada bulan September 2017. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: tes, observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: lembar soal tes, lembar observasi, dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa pada siklus I sebesar 62,22% dan siklus II  sebesar 86,67%.

Downloads

Published

2021-07-31