PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI UJONG TANJONG

Authors

  • Ade Masliana STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Mardhatillah STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Febry Fahreza STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.391

Keywords:

Pengembangan, Bahan ajar berbasis kontekstual, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan: 1) Untuk mengetahui kevalidan bahan ajar tematik
berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong; 2) Untuk
mengetahui keefektifan bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas
IV SD Negeri Ujong Tanjong; dan 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar tematik berbasis
kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong. Penelitian ini merupan
penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D (Four
D Model). Adapun langkah-langkah tahap pengembangan, yaitu tahap pendefinisian (Define), perancangan
(Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Dissaminate). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri
Ujong Tanjong, dengan jumlah siswa 20 orang. Dimana siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 10 orang.
Objek penelitian ini adalah bahan ajar tematik berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa
kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi ahli, angket,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengembangan ini adalah bahan ajar tematik berbasis kontekstual
yang layak digunakan. Kelayakan bahan ajar yang dihasilkan dari validasi ahli desain, validasi ahli materi, dan
validasi ahli bahasa dan layak digunakan sebagai bahan ajar. Respon siswa terhadap bahan ajar diperoleh pada
uji coba lapangan yaitu sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 97 %. Minat belajar siswa terhadap bahan ajar
ini diperoleh dengan skor persentase rata-rata sebesar 87,60%.

Downloads

Published

2021-01-29