PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ON LINE MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.388Keywords:
persepsi, orang tua, pembelajaran onlineAbstract
Kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 mendapat berbagai tanggapan termasuk dari orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap pembelajaran online pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel sebanyak 20 orang tua siswa di MTs. Negeri 1 Ketapang dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisis data menggunakan software analisis data kualitatif ATLAS.ti versi 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua siswa tidak menyetujui pembelajaran online karena menganggap tidak efektif, anak kesulitan dalam memahami materi pelajaran, media yang digunakan guru kurang bervariasi dan penyediaan kuota internet menjadi beban bagi orang tua. Blended learning dapat menjadi alternatif pembelajaran karena memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online.