PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN ON LINE MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Iis Dahlia Pendidikan Agama Islam, STAI Al-Haudl Ketapang, Indonesia
  • Ucup Supriatna Pendidikan Agama Islam, STAI Al-Haudl Ketapang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.388

Keywords:

persepsi, orang tua, pembelajaran online

Abstract

Kebijakan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 mendapat berbagai tanggapan termasuk dari orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap pembelajaran online pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel sebanyak 20 orang tua siswa di MTs. Negeri 1 Ketapang dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisis data menggunakan software analisis data kualitatif ATLAS.ti versi 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua siswa tidak menyetujui pembelajaran online karena menganggap tidak efektif, anak kesulitan dalam memahami materi pelajaran, media yang digunakan guru kurang bervariasi dan penyediaan kuota internet menjadi beban bagi orang tua. Blended learning dapat menjadi alternatif pembelajaran karena memadukan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online.

Downloads

Published

2021-07-31