PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL DI BANTEN

Authors

  • Teti Trisnawati Pendidikan Matematika, Universitas Primagraha, Indonesia
  • Sastra Wijaya Universitas Primagraha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.387

Keywords:

handout, Etnomatematika, Budaya Lokal Banten.

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan bahan ajar handout dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten pada pokok bahasan transformasi geometri dan untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pendekatan etnomatematika. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Sugiyono. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: angket dan observasi. Bahan ajar handout dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari ahli dua pendidikan yaitu ahli media pembelajaran berupa bahan ajar handout dan dua ahli matematika yaitu ahli materi bahan ajar handout, selanjutnya bahan ajar diuji cobakan pada siswa kelas XI SMA IT Darussalam. Berdasarkan hasil validasi ini menunjukan bahwa validasi ahli media pembelajaran I berada pada kualifikasi sangat baik dengan 87,5%, validasi ahli materi pembelajaran I berada pada kualifikasi sangat baik dengan 81,3%, validasi ahli materi pembelajaran II berada pada kualifikasi baik dengan 80,00%, dan uji coba kelompok luas berada pada kualifikasi baik dengan 72,63%. Dengan demikian bahan ajar handout dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal Banten dapat digunakan sebagai alternativ pilihan pada pokok bahasan transformasi geometri.

Downloads

Published

2021-07-31