PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MATERI AKTIVITAS EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI FINANSIAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hilda Azlia Meilisa Universitas Negeri Jakarta
  • Endang M Kurnianti Universitas Negeri jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.363

Keywords:

Pembelajaran Terpadu, Ilmu Pengetahuan Sosial, Literasi Finansial, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan pembelajaran terpadu pada mata pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi dalam meningkatkan literasi finansial kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Jenis penelitian ini yang menggabungkan data dari repertoire sastra dan menjadikan “teks” sebagai bahan analisis. Data ini diambil daridatabase artikel-artikel ilmiah yang telah diakses melalui google schoolar, SINTA, dan beberapa situs-situs jurnal ilmiah lainnya. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan  pembelajaran terpadu materi aktivitas ekonomi pada pembelajaran IPS kelas IV untuk meningkatkan literasi finansial di sekolah dasar sudah dilaksanakan. Dari beberapa artikel diatas peneliti menemukan keterhubungan erat dalam pembelajaran terpadu dengan meningkatkan literasi finansial di sekolah dasar.

Author Biographies

Endang M Kurnianti, Universitas Negeri jakarta

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Jakarta

Uswatun Hasanah, Universitas Negeri jakarta

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Jakarta

Downloads

Published

2023-06-08