PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MATERI AKTIVITAS EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI FINANSIAL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.363Keywords:
Pembelajaran Terpadu, Ilmu Pengetahuan Sosial, Literasi Finansial, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan pembelajaran terpadu pada mata pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi dalam meningkatkan literasi finansial kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Jenis penelitian ini yang menggabungkan data dari repertoire sastra dan menjadikan “teks” sebagai bahan analisis. Data ini diambil daridatabase artikel-artikel ilmiah yang telah diakses melalui google schoolar, SINTA, dan beberapa situs-situs jurnal ilmiah lainnya. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan pembelajaran terpadu materi aktivitas ekonomi pada pembelajaran IPS kelas IV untuk meningkatkan literasi finansial di sekolah dasar sudah dilaksanakan. Dari beberapa artikel diatas peneliti menemukan keterhubungan erat dalam pembelajaran terpadu dengan meningkatkan literasi finansial di sekolah dasar.