PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 3 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

Henra Saputra Tanjung, Siti Aminah Nababan

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan perangkat pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi Matematis siswa SMA 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Sehingga kompetensi profesional guru dalam menyusun perangkat pembelajaran secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan. Sejauh ini, dari segi isi dan kualitas perangkat pembelajaran yang diterapkan guru masih belum tergolong baik karena fakta bahwa perangkat yang dikembangkan oleh guru belum pernah diuji validitas, kepraktisan maupun keefektifannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pemebelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif melalui pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya.Tujuan Khusus dalam penelitian ini adalah 1). Mengahasislkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar; 2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pemebelajaran yang di kembangkan berorientasi model pembelajaran berbasis masalah. Jenis Penelitian adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model 4-D (Four-D Model) yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develope) dan penyebaran (disseminate). Analisis data meliputi analisis validitas, reliabilitas, kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi Matematis siswa. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan membantu guru Matematika dalam melatih kemampuan siswanya yang sesuai dengan abad 21. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM).

 

Kata-kata kunci : Pemebelajaran berbasis masalah; kemampuan Pemecahan Masalah; komunikasi matematis siswa


Full Text:

PDF

References


Tanjung, H.S. (2018). Peningkatan kemampuan Komunikasi dan Matemati Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. MAJU. Volume 4. No 22. 2018.

NCTM. 2010. Why is Teaching with Problem Solving Important to Students Learning?. Problem Solving Reasearch Brief.

Polya, G. 1973. How To Solve (2ndEd. Princeton University Press.

Iriantara, Y. 2014. Komunikasi Pembelajaran Interaksi Komunikatif dan Edukatif di Dalam Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eggen, P & Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta : Indeks.

Nababan, S.A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis RME Untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. BINA GOGIK. Volume 4. No 2. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.