PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN KALKULATOR PADA SISWA KELAS VII SMP AL ULUM MEDAN

Suci Dahlya Narpila, Siti Fatimah Sihotang

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator. Dalam mengembangkan model pembelajaran, juga dikembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKS dan Tes Hasil Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al Ulum Medan. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator.. Model dan perangkat pembelajaran akan divalidasi oleh ahli. Setelah diadakan validasi diperoleh bahwa model dan perangkat pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model dan perangkat pembelajaran inquiry berbantuan kalkulator dalam pembelajaran matematika telah valid, praktis dan efektif sehingga bisa dan layak diterapkan dalam pembelajaran matematika.

 

Kata-kata kunci : pengembangan, model pembelajaran, inquiry, kalkulator


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Beyer, B.K. (1979). Teaching Thinking in Social Studies : Using Inquiry in the Classroom. Columbus, OH : Merril.

Depdikbud. (2012). TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) 2011. Diakses dari http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstekstual dalam Pembelajaran Abad 21 : Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor : Ghalia Indonesia.

Jacobsen, D.A., Eggen, P & Kauchak, D. (2009). Methods for Teaching : Promoting Student Learning in K-12 Classroom. Upper Saddle River, New Jersey : Pearson Education.

Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendiknas No.65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Resto, VA: NCTM.

Ramadhani, Rahmi. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematik Berorientasi Pada Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SIswa Kelas XI MIA SMA YPK Medan. Medan: Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sinaga, Bornok. (2007). Buku Model PBM-B3. Surabaya : PPs Universitas Negeri Surabaya.

Suparno, Paul. (2006). Filsafat Konstruktivisme. Bogor : Kanisius.

Trianto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif Beriorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta : Prestasi Pustaka

Widada, Wahyu. (2011). Desain Pengembangan Model Pembelajaran. Handout Penelitian Pendidikan Matematika. Bengkulu: FKIP UNIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.