PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBARIS MODEL COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL

Suci Perwita Sari, Indah Pratiwi

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal mahasiswa melalui pengembangan bahan ajar berbasis model course review horray pada mahasiswa semester I PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sumaterai Utara Tahun Ajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementing dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan dengan subjek berjumlah 45 orang yang merupakan kelas A Pagi semester I. adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berbasis model course review horray dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, Kecerdasan interpersonal mahasiswa melalui pengembangan bahan ajar berbasis model course review horray meningkat. Hal ini sesuai dengan hasil skor angket kecerdasan interpersonal mahasiswa mulai dari pretes, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pretes mahasiswa adalah 58,25. Setelah diadakan penelitian, maka pada siklus I, nilai rata-rata mahasiswa meningkat menjadi 77.18. hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 18,93. Karena masih belum 80% mahasiswa berkategori tinggi, maka diadakan siklus II dimana rata-rata skor meningkat menjadi 92,76. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sebesar 15,58 terhadap siklus I dan 34,51 terhadap pretes. Untuk menentukan tinggi rendahnya tingkat kecerdasan interpersonal mahasiswa, maka peneliti membandingkannya dengan skor median mahasiswa. Berdasarkan perbandingan antara skor yang diperoleh mahasiswa dengan mediannya, maka pada pretes terdapat 53,3% mahasiswa dengan kategori tinggi. Pada siklus I terdapat 62,2% mahasiswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi dan pada siklus II  sebanyak 80%  mahasiswa berada pada skor tinggi. Dengan demikian pengembangan bahan ajar berbasis model course review horray mampu meningkatkan kecercasan interpersonal mahasiswa.

Kata Kunci : Bahan Ajar, Kecerdasan Interpersonal, dan Model Course Review Horray.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yamada Widya.

Arafat, Maulana Lubis. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V MIN Medan Sunggal.Tesis tidak diterbitkan. Medan : Program Pascasarjana UNIMED.

Arfiliana. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Bentuk Komik dan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 060843 Kecamatan Medan Barat. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.

Januszewski, A., Molenda, M. 2008. Educational Technology. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Mursid, R. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belajar Sosiologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 86.

Nahar, Arifatun. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horraydengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Mtematis pada Materi Segitiga Kelas VII. Jurnal JKPM Vol.3 No.1, 48-59.

Perwita Sari, Suci. 2019. Correlational Study :The Relationship between Interpersonal Intelligence and Learning Style in High School Elementary Teacher Education. , The Role of Science in Development in the Era of Industrial Revolusion 4.0 based on Local Wisdom,Kisaran. 2019. Hal. 54-65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.