PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 BONJOL

Ennike Gusti Rahmi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan kemampuan awal terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas XI IPA. Penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan menggunakan desain penelitian yaitu rancangan faktorial 2 X 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA4 dan kelas kontrol XI IPA3. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir untuk melihat hasil belajar siswa, Instrumen yang digunakan untuk penilaian aspek afektif siswa adalah lembaran penilaian aspek afektif. Lembaran penilaian ini bertujuan untuk menilai sikap dan prilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan Instrumen yang digunakan untuk penilaian aspek psikomotor adalah lembaran penilaian aspek psikomotor. Lembar penilaian ini bertujuan untuk menilai kecakapan (keterampilan) siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Tekhnik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kemampuan awal siswa menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap kompetensi ranah kognitif siswa, baik yang berkemampuan awal tinggi maupun rendah. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap kompetensi ranah afektif siswa, baik yang berkemampuan awal tinggi maupun rendah. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap kompetensi ranah psikomotor siswa, baik yang berkemampuan awal tinggi maupun rendah. (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan kemampuan awal siswa terhadap kompetensi ranah kognitif belajar biologi siswa.

 

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan awal, Kompetensi belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arend, R. I. 1997. Learning to Teach. New York: Mc Graw Hi.

Lestari. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN Babakan Lebaksiu Tegal. Semarang: Skripsi (Online) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Diakses pada Tanggal 26 Agustus 2015.

Lord. T. 2001. 101. Reason For Using Cooperative Learning In Biology Teaching. Journals. The American Biology Teacher. 63(1). 31-34.

Muhibuddin. 2008. Pengaruh Penggunaan Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kelas X Pada Konsep Redoks. Tesis diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Tim Pengembang MKDP. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Ulya, H. 2011. Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3852/1/HIMMATUL%20ULYA-FITK.pdf. (Online). Diakses pada tanggal 1 Oktober 2015.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.