PENGARUH DARI DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019

Zulfikar Ali, Yari Dwikurnaningsih, Setyorini Setyorini

Abstract


Abstrak : Penelitian dilaksanakan di SMP Kristen 2 Salatiga dengan subyek kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan pengaruh dari dampak game online terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa. Karena populasi yang kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel untuk hasil yang lebih valid. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga yang berjumlah 76 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala dampak game online dan skala motivasi belajar, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Margaretha (dalam Bahana, 2008) dan teori Kurniawan (dalam Manoppo, 2005). Untuk pengolahan data menggunakan progam SPSS for Windows 20.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari dampak game online terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga dengan hasil t hitung sebesar  (3,819) > t tabel (1,995), R = 0,406, koefisien determinasi R Square = 0,165 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0.05, menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.

 

 

Kata kunci : Dampak Game Online, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Aji, C.Z. 2012. Berburu Rupiah Lewat Game Online. PT. Bounabooks.

Azies, RN. 2011. Hubungan Kecanduan Bermain Game Online dengan Self Esteem Remaja Gamers di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. http://lib.uin-malang.ac.id/thesis (diunduh pada 10 Juli 2018).

Febrian, Jack. 2007. Kamus Komputer & Teknologi Informasi. Bandung : PT. Informatika.

George, D., & Mallery, P. 1995. SPSS For Windows Step by Step. A simple guide and reference (10th end). Boston: Pearson.

Gigih. 2014. Hubungan Layaan Bimbingan Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pendowo Ngablak. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga. Progam Studi BK-FKIP-UKSW.

Margaretha, S. 2008. Dampak Buruk dan Tips Berhenti dari Kecanduan Bermain Game Online. Dari Majalah Bahana. diterbitkan April 2008 Vol. 204.

Manoppo. A. (2005). Hubungan antara persepsi terhadap kompetensi dosen dengan motivasi belajar mahasiswa Fakultas Psikologi uksw, Skrips. Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana (Tidak diterbitkan).

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtitaf dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

-----------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtitaf dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Soukotta, Tiffani Alma. 2016. Pengaruh Perilaku Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X dan SMK T & 1 Kristen Salatiga. Skripsi. Salatiga : Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana.

Uno, H. B. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yonelco, Lekatompessy. 2010. Hubungan Antara Intensitas Game Online dengan Motivasi Belajar Siswa SMU Negeri 1 Salatiga. Skripsi (Tidak diterbitkan). Salatiga: Fakuktas Psikologi Univesitas Kristen Satya Wacana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.