PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X IPA DI SMA NEGERI I MEUREUBO ACEH BARAT

Fetro Dola Syamsu, Ira Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran biologi materi virus di SMA Negeri 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini mengggunakan desain penelitian randomized subject postest only control group dimana penelitian termasuk kategori quasi experimental design. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan pembelajaran audio visual sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan media audio visual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 71,750. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78,833. Dengan demikian hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,319 > 1,713 dengan signifikasi sebesar 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual dengan rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran terhadap siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Meureubo Kabupaten Aceh Barat.

 

Kata Kunci: Media, Audio, Visual, Hasil Belajar, Respon Siwa.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dale. 2012. Audio Visual Methods in teching. New york : Holt Rinehart and Winston

Djamarah,. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Marshall. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: JICA Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Rossi dan Breidle. Metode Penelitian Untuk Skripsi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Ruseffendi. 2010. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sardiman. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Soendojo. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Winkel, 2010, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.


Refbacks



Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.