HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA

Indah Nur Wulansari, Umbu Tagela, Sapto Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan skala likert. Skala kepercayaan diri disusun berdasarkan teori Lauster (2006) oleh Indah Nur Wulansari (penulis) dan skala motivasi belajar yang diadopsi dari Gigih (2014) dan dimodifikasi oleh Indah Nur Wulansari (penulis). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan korelasi kendall’s tau-b. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS for Windows 20.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r = 0,183, α = 0,001 maka 0,001 < 0,05 artinya bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Kristen Satya Wacana Salatiga.

 

Kata Kunci: Kepercayaan  Diri, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta. PT. Bina Aksara.

George, D., & Mallery, P. 1995. SPSS for windows step by step. A simple guide and reference (10th end). Boston: Pearson.

Gigih. 2014. Hubungan Layanan Bimbingan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pendowo Ngablak. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga. Progam studi BK-FKIP-UKSW.

Hamdan. 2009 . Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Motivasi berprestasi pada siswa SMU N 1 Bekasi. Skripsi . ( Tidak diterbitkan ) Bekasi : Fakultas Psikologi Gunadarma.

Hartini. 2015. Hubungan antara rasa kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Sumber Gempol Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. UNP KEDIRI.

Lauster, Peter. 2006. Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Maulida, S.R & Dhania, D.R. (2012). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Berwirausaha Pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, No.2, Vol. 11, 1-8

Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Sukarman. 2014. Korelasi Sikap Percaya Diri Dengan Motivasi Belajar. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram.


Refbacks



Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.