PENGARUH KUALITAS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA KRISTEN 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Anggita Intan Saputri, Tritjahjo Danny Soesilo, Setyorini Setyorini

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen 1 Salatiga khususnya kelas XI. Pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga yang berjumlah 80 peseerta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kualitas pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala layanan bimbingan belajar mengacu pada teori W.S. Winkel (2006) dan skala kemandirian belajar yang disusun oleh Dewi Anjani (2013) yang mengacu pada teori Hiemstra (1998). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS for windows release 20.0. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelaksanaan layanan bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Kristen 1 Salatiga dengan hasil t hitung sebesar 4,076 > t tabel 1,990.R = 0,419, koefisien determinasi R Square = 0,176 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa Ha diterima. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.

Kata kunci :kualitas layanan bimbingan belajar, kemandirian belajar.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad.(2006). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Biarpruga, Tahier. (2012). Pengaruh Intensitas Pemberian Motivasi Dan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011.(Online). (http://eprints.ums.ac.id/20992/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf. Diunduh pada tanggal 5 Maret 2018)

George & Mallery. (1995). SPSS/PC, Step by Step : A Simple Guide and Reference. Belmont: Wadsworth Publishing Company.

Mariana.(2016). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Peserta Didik Kelas VIII A di MTs. Muslimat NU Palangka Raya Tahun Pelajaran 2015/2016.(Online). (http://perpus.umpalangkaraya.ac.id/digilib/files/disk1/27/123-dfadf-mariana112-1309-1-skripsi-f.pdf, diakses pada tanggal 30 September 2017)

Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama

Rosyidah, Nur. (2015). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif 5 Driyorejo Gresik.(Online). (http://digilib.uinsby.ac.id/2448/, diakses pada tanggal 5 Maret 2018)

Santoso, Totok. (1988). Layanan Bimbinagn Belajar di Sekolah Menengah. Semarang: Satya Wacana

Tohirin.(2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi).Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.