PENINGKATAN RESPECTFUL MIND MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK KEPADA SISWA KELAS XI MEKANIK INDUSTRI A SMK SARASWATI SALATIGA

Yahya Adi Setyawan, Tritjahjo Danny Soesilo, Setyorini Setyorini

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu, bertujuan untuk mengetahui signifikansi peningkatan pikiran merespek (respectfull mind) dengan layanan bimbingan kelompok kepada siswa kelas XI Mekanik Industri A (MIA) SMK Saraswati Salatiga. Subjek penelitian adalah 10 siswa yang mempunyai pikiran merespek rendah  dan sedang. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang tiap kelompoknya terdiri dari 5 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah skala pikiran merespek oleh (Mutiara Novetree Zebua. 2006), berdasarkan teori Gardner. Analisi data untuk menguji perbedan pikiran merespek menggunakan analisis Mann Whitney. Perbedaan pre test dari kedua kelompok menghasilkan p = 0,674 > 0,050, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian eksperimen dapat dilanjutkan. Hasil analisis data setelah post test, signifikansi perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol meghasilkan p = 0,009 < 0,050. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok secara signifikan dapat meningkatkan pikiran merespek siswa kelas XI MIA SMK Saraswati Salaitga.

Kata kunci: Respectfull Mind, Bimbingan Kelompok


Full Text:

PDF

References


Erwin Erlangga. 2017. Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 4, No.1, Juni 2017.

Fita Puji, 2017. Menurunkan Perilaku Konformitas Negatif Melalui Bimbingan Kelompok bagi siswa Kelas XI Teknik konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Salatiga tahun ajaran 2016/2017. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Gardner, H. 2007. “Five Minds For The Future”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muhammad Syahrul. 2015. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuian Diri Siswa. Journal of EST Volume 1, Nomor 1,. Juni 2015.

Nur Mahardika. 2016. Pengembangan Program Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengelola Stres. Jurnal Konseling Gusjigang Vol. 2 No. 1 Juni 2016.

Prayitno, 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok Padang: Universitas Negeri Padang.

Soesilo & Padmomartono, 2014. Asesmen Non-Tes Dalam Bimbingan dan Konseling. Salatiga: FKIP UKSW.

Zebua, Novetree Mutiara. 2006. Pengembangan Model Pelatihan Pikiran Merespek (Respectful Mind) bagi siswa SMK. Thesis. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.