KESALAHAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERSAMAAAN LINEAR BERDASARKAN METODE CRI (CERTAINTY OF RESPON INDEKS)

Dazrullisa Dazrullisa, Arief Aulia Rahman, Wulan Violita

Abstract


Abstrak:Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal ulangan matematika khususnya materi persamaan linear masih kurang tepat. Hal ini disebabkan dari kesalahapahaman konsep osiswa dalam memahami materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode CRI (certainty of respon index) dengan level keyakinan disajikan dalam 6 skala (0: totally guessed, 1: almost a guess, 2: not sure, 3: sure, 4: almost certain, 5: certain). Jadi, tiap butir yang berisi option jawaban selalu disertakan skala tingkat keyakinan yang harus dipilih. Metode CRI merupakan teknik yang sederhana dan efektif untuk mengukur miskonsepsi yang terjadi Hal ini mengetahui tingkat keyakinan responden (siswa) dari jawaban butir soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesalahan konsep siswa pada materi persamaan linear dengan menggunakan metode cri (certainty of respon index) kelas XI SMA Negeri1 Kuala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi persamaan linear dengan menggunakan metode CRI (certainty of respon index) kelas XI SMA Negeri 1 Kuala.Miskonsepsi siswa pada materi persamaan linear dengan metode CRI (Certainty of Respon Indeks) adalah siswa yang mengalami miskonsepsi berkategorikan tinggi terdapat 5 siswa di kelas XI Mia II atau sebesar 42%, siswa yang paham terdapat 2 orang atau sebesar 17%, dan siswa yang berkategorikan tidak  paham terdapat 5 orang siswa atau sebesar 42%.

 

Kata-kata kunci:Miskonsepsi, Metode CRI, Persamaan linear.

 


Full Text:

PDF

References


Afdhol, A. 2012. Subjek Penelitian. http://afdholabdul.org. Diakses 07 Mei 2018.

Arikunto, S. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rineka Cipta. (50 – 52)

Cut, Morina, Zubainur, Dazrullisa, Marwan. 2017. Kesalahan Siswa pada Materi Aljabar melalui Pembelajaran oleh Calon Guru yang Mendapat Pendampingan. Jurnal Didaktik Matematika. ISSN 2355-4185(p), 2548-8546(e)

Dazrullisa. 2016. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Dalam Mencegah Kesalahan – Kesalahan Aljabar Pada Siswa SMP. Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Syiah Kuala. (52 – 53). Banda Aceh.

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.

Hasan, S., D. Bagayoko, D., and Kelley, E. L., (1999), Misconseptions and the Certainty of Response Index (CRI), Phys. Educ. 34(5), pp. 294 - 299.

Moleong, J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Paul, S. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Yuyu R. Tayubi, 2005, Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI), Tesis Tidak Dipublikasikan, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.