Pengaruh Pembelajaran Microteaching Terhadap Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Angkatan 2021

Authors

  • Nazariah Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Nasrullah Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Cut Indah Lestari Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i1.249

Keywords:

Microteaching, Ketrampilan Dasar mengajar, Praktek Pengalaman Lapangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Microteaching
Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa pada saat PPL. Penelitian ini
merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Aceh Angkatan 2021 yang telah mengikuti mata kuliah Microteaching dengan jumlah
sampel sebanyak 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab
hipotesis adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
terdapat pengaruh antara pembelajaran microteaching terhadap praktek pengalaman
lapangan sebesar 0,828.

Downloads

Published

2022-01-31