PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA: SAMPEL DARI BEBERAPA SEKOLAH MENENGAH DI KECAMATAN PANGA

Authors

  • Helmi Suardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Iskandar Muda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.153

Keywords:

Siswa Sekolah Menengah, Analisis Korelasi dan Regresi, Pola Asuh, Perilaku Prososial

Abstract

Perilaku prososial individu dapat dipengaruhi oleh hubungannya dengan individu lain dan lingkungan sekitarnya. Fenomena ini terjadi di masyarakat, khususnya pada remaja. Studi terbaru menampilkan kalau ikatan antara orang tua serta remaja dengan tingkat pola asuh dapat menjadi faktor penting yang mempengaruhi perilaku prososial remaja. Tujuan dari studi ini merupakan guna mengenali pengaruh pola pengasuhan orang tua terhadap perilaku prososial siswa sekolah menengah di Panga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan Microsoft Excel 2007 dan software IBM SPSS 20. Sebuah survei kuesioner dilakukan untuk menyelidiki 1.021 siswa sekolah menengah di Panga melalui gaya pengasuhan dan perilaku prososial. Penelitian ini menunjukkan hasil adanya pengaruh yang positif antara variabel otoritatif dengan variabel perilaku prososial. Selain itu, muncul hubungan negatif antara variabel pola asuh otoriter, permisif dan tidak terlibat dengan variabel perilaku prososial. Selanjutnya, pola asuh berpengaruh signifikan terhadap perilaku pribadi siswa sekolah menengah sebagai hasil dari analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku prososial siswa yang cenderung diasuh dengan gaya otoritatif menunjukkan perilaku prososial yang tinggi. Sebaliknya, perilaku prososial yang rendah terjadi pada siswa yang cenderung diasuh dalam gaya pertunjukan yang otoriter, permisif, dan tidak terlibat.

Downloads

Published

2023-01-31