ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Authors

  • Siti Aminah Nababan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Indonesia
  • Henra Saputra Tanjung Pendidikan Matematika, STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.143

Keywords:

Pemahaman Konsep, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.

Abstract

Pemahaman matematika merupakan tujuan penting dalam pembelajaran matematika. Konsep pembelajaran matematika yang abstrak membuat siswa kesulitan dalam memahami materi dan menyelesaikan soal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. yang bertujuan untuk: 1) melihat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diukur berdasarkan hasil observasi terhadap proses pembelajaran dan hasil tes pada materi sistem persamaan linear tiga variabel; 2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Pemahaman yang digunakan untuk penelitian ini yaitu pemahaman translasi (translation), pemahaman interpretasi (interpretation) dan pemahaman ekstrapolasi (ekstrapolation). Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap pertama melakukan persiapan, tahap kedua yakni melakukan pelaksanaan dan tahap ketiga adalah tahap akhir yakni menuliskan laporan dari hasil penelitian. Dari hasil observasi terhadap proses pembelajaran dan hasil tes yang diberikan diperoleh dari seluruh subjek penelitian hanya terdapat beberapa siswa yang mampu memahami konsep matematika dengan baik yakni dapat menguasai semua indikator pemahaman, juga terdapat beberapa siswa yang mampu menguasai dua indikator pemahaman dan adapula siswa yang hanya mampu menguasai satu indikator pemahaman saja.

Downloads

Published

2022-07-11