PENGGUNAAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATAKULIAH EKOLOGI TUMBUHAN

Authors

  • Rufa Hera Pendidikan Biologi, STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Indonesia
  • Rita Oktavia Pendidikan Biologi, STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.142

Keywords:

Penggunaan. Quizizz. Hasil Belajar

Abstract

Penelitian dengan judul Penggunaan Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Matakuliah Ekologi Tumbuhan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa matakuliah ekologi tumbuhan setelah pemanfaatan quizizz sebagai media pembelajaran. Jenis Penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian tindakan kelas) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, perlakuan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP Bina Bangsa Meulaboh yang sedang mengikuti perkuliahan Ekologi Tumbuhan Simister Genap TA 2021 2022 berjumlah 14 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar melalui aplikasi quizizz dan analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa matakuliah Ekologi Tumbuhan sebelum dan sesudah penerapan Quizizz sebagai media pembelajaran. Peningkatan hasil belajar mahasiswa terlihat pada setiap siklusnya. Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 52,86 menjadi 71,79 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,14 pada siklus II. Persentase ketuntasan minimal dari pelaksanaan pretes 0% terus meningkat pada pelaksanaan postes siklus I menjadi 78% dan kembali meningkat pada pelaksanaan postes di siklus II mencapai persentase ketuntasan 100%.

Downloads

Published

2022-07-11