PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI KARANG JAYA

Authors

  • Nika Ardila Program Studi Pendidikan Sejarah,Universitas PGRI Silampari , Lubuklinggau, 2022, Indonesia
  • Ira Miyarni Sustianingsih Program Studi Pendidikan Sejarah,Universitas PGRI Silampari , Lubuklinggau, 2022, Indonesia
  • Yeni Asmara Program Studi Pendidikan Sejarah,Universitas PGRI Silampari , Lubuklinggau, 2022, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.139

Keywords:

Hasil Belajar, Teams Games Tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri Karang Jaya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Instrumen penelitian yang akan digunakan berbentuk pilihan ganda berjumlah 30 soal. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPS tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 92 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 dan X IPS 3 dengan jumlah siswa 31 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan materi pembelajaran Sejarah Kehidupan Kerajaan Kutai Bercorak Hindu-Buddha di Indonesia dan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran menggunakan metode konversional. Dapat dilihat hasil rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 44,4 dan post-test sebesar 80,73 sedangkan hasil rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 42,13 dan post-testsebesar 45,38. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik kuntitatif dengan menggunakan bantuan program aplikasi SPSS Versi 2022. Dari hasil analisis data tes akhir di peroleh nilai Sig= 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, 0,000 < 0,05 maka Hditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar Sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan metode konversional pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri Karang Jaya.

Downloads

Published

2022-07-11