SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI MAN KOTA SOLOK

Authors

  • Suryadi Fajri Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah, UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Nisa Ulaini Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah, UIN Imam Bonjol Padang , Indonesia
  • Heri Effendi Prodi Pendidikan Sejarah, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Siti Aisyah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Adzkia, Padang
  • Muslim Prodi PPKn Universitas Bung Hatta, Padang

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.126

Keywords:

Evaluasi, Blended Learning, Pembelajaran Sejarah.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Virus corona 2019 (covid 19) yang menyebar di Indonesia pada awal maret dengan sangat pesat. Hal ini berdampak terhadap pendidikan yang menyebabkan pembelajaran berubah secara drastis, pembelajaran yang awalnya dilakukan dalam kelas ssecara tatap muka dipindahkan menjadi pembelajaran daring. Namun, penyebarannya yang semakin menurun memberikan harapan bagi lembaga pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas.Hal ini berarti lembaga pendidikan dapat melakasanakan pembelajaran kombinasi antara tatap muka dikelas dengan pembelajaran online (Blended Learning). Pembelajaran seperti inilah yang diterapkan di MAN Kota Solok.
Penelitian bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang telah peneliti tuangkan di rumusan masalah yakni untuk mengetahui bagaimana Evaluasi Sistem Blended learning pada pembelajaran Sejarah di MAN Kota Solok.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penilitian Kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di lapangan diperoleh bahwa dalam proses Evaluasi pembelajaran sistem blended learning pada pembelajaran sejarah.

Downloads

Published

2022-07-11