PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KISAH QUR’ANI UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA

Authors

  • Asraf Kurnia Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heri Effendi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Andra Usmanedi Guru Sejarah SMAN 1 Batang Kapas

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.124

Keywords:

Pembelajaran PAI, Kisah Qur'ani, Karakter Siswa

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kisah qur’ani untuk penguatan karakter siswa. Melalui libarary research dengan kajian pustaka dan wawancara kepada beberapa guru PAI dan (referensi), buku, jurnal, dokumen dan sumber lainnya yang relevan dengan tujuan penelitian tersebut. Dari hasil paparan materi didapatkan bahwa metode kisah qurani ini dapat dipergunakan oleh guru sebagai pendidik karena metode ini dapat menginternalisasikan nilai-nilai yang baik kepada diri peserta didik dengan jalan menyuguhkan ayat-ayat Alquran yang bermuatan kisah untuk diambil pelajaran. Metode qurani ini juga dapat menjadi salah satu solusi bagi guru selaku pendidik dalam mengajarkan materi kisah dalam pembelajaran PAI di sekolah yang dikolaborasikan dengan kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 sekarang ini agar peserta didik dapat antusias dalam mengikuti pembelajaran PAI.

Downloads

Published

2022-07-11