ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) DI SMA NEGERI 1 MEUREUBO

Authors

  • Henra Saputra Tanjung STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Hasprianti Jerba STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Siti Aminah Nababan STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.120

Keywords:

Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa, Pendekatan Pembelajaran STEM.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif siswa melalui pendekatan pembelajaran science, technology, engineering and mathematics (STEM) di SMA Negeri 1 Meureubo. Penelitian ini menggunakan kualitatif. Subjek dalam penelitian disini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 18 siswa SMA Negeri 1 Meureubo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, lembar tes dan lembar validasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan kesimpulan/varifikasi. Dari hasil penelitian maka analisis kemampuan berfikir kreatif siswa melalui pendekatan pembelajaran science, technology, engineering and mathematics (STEM) di SMA Negeri 1 Meureubo, dilihat pada aspek elaboration sebesar 44,44% . Siswa yang mendapatkan skor 80 sebesar 33,33%, dan siswa yang mendapatkan skor 65 sebesar 22,22%. Aspek originality sebesar 33,33%. Siswa yang mendapatkan skor 60 sebesar 27,78%, dan siswa yang mendapatkan skor 45 sebesar 38,89%. Aspek flecibility sebesar 55,56%, siswa yang mendapatkan skor 65 sebesar 33,33% dan siswa yang mendapatkan skor 40 sebesar 11.11% dan aspek fluency sebesar 38,89%. Siswa yang mendapatkan skor 75 sebesar 16,67%, siswa yang mendapatkan skor 70 sebesar 44,44%.

Downloads

Published

2022-07-11