PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAM SUDUT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 12 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Ria Mayasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Andriana Sofiarini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari, Sumatera Selatan, Indonesia
  • R.Angga Bagus Kusnanto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari, Sumatera Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.114

Keywords:

Pengembangan, Model 4D, Media Jam Sudut, Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran jam sudut pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 12 Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan media pembelajaran jam sudut yang valid, praktis, dan memiliki efektivitas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil analisis validasi oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa media jam sudut pada materi sudut dan pengukurannya memenuhi kriteria validitas tinggi dengan rata-rata skor 0,85. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari kelompok kecil (small group) 6 orang siswa dan kelompok besar 20 orang diperoleh bahwa media jam sudut memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 92%, dan hasil analisis efektifitas menunjukkan bahwa setelah melakukan posttest diperoleh ketuntasan hasil belajar 73% dengan kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran jam sudut pada pembelajaran matematika memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-07-11