ANALISIS LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM

Ilham Hakiki Harahap, Hasmi Syahputra Harahap

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kotapinang, serta tingkat kemampuan literasi sains Penelitian ini dilaksanakan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat siswa pada siswa laki-laki dan perempuan. Sampel penelitian berjumlah 107 sisa kelas X dari 107 populasi orang siswa yang terdiri dari 3 kelas di SMA Negeri 2 Kotapinang.  Instrumen penelitian berupa tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan literasi sains siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kotapinang tergolong rendah (50,76), tingkat kemampuan literasi sains siswa pada siswa laki-laki diperoleh sebesar (47,78) dan perempuan diperoleh sebesar (52,27) yang sama-sama tergolong rendah. Hasil nilai thitung literasi sains siswa berdasarkan gender  0,188>0,001 dengan selisih -1,326. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa tidak ada perbedaan signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan.

 

Kata-kata kunci : Literasi Sains, Ekosistem.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, G. 2014. Analisis Kemamuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok, Prosiding Mathematics and Sciences Forum.2(1): 161-170.

Dinata, A.N. 2014. Pengaruh Field Trip Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Sains Siswa SMA Pada Materi Ekosistem. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Elvadola, C. 2016. Profil Kompetensi Literasi Sains Berdasarkan Program For International Student Assesment (PISA) dalam Konten Biologi. Skripsi Tidak dipublikasikan.Bandar Lampung:Universitas Negeri Lampung.

Nugraheni, N.C., Paidi., dan Triatmanto. 2017. Kemampuan Literasi Sains Kelas X SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Topografi Wilayah Gunungkidul, Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(5): 261-271.

OECD-PISA. 2012. Assessment and Analitycal Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. PISA. OECD Publishing. Paris:http://dx.doi.org/10.1787/9789264255425-en,html (diakses 20 Januari 2019).

Purwanto, M.N. (2008). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rizkita, L. 2016. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa SMA Kota Malang, ProsidingSeminar Nasional II Tahun 2016, 2(1): 771-781.

Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi