KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA 1 PANTE CEUREUMEN ACEH BARAT

Rita Oktavia

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai pengembangan AR sebagai media pembelajaran oleh guru SMA di Aceh Barat. Dan  mengetahui materi yang dirasa sulit oleh siswa pada pembelajaran Biologi yang diperlukan pengembangan media berbasis AR, khususnya SMA 1 Pante Ceureumen. Penelitian dilaksanakan di SMA 1 Pante Ceureumen Aceh Barat.  Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada Juni hingga September 2022. Dikelas XII berjumlah 30 siswa semester 1 tahun ajaran 2021/2022.  Penelitian kuantitatif metode deskritif. Objek pada penelitian ini adalah media AR sebagai media pembelajaran pada pembelajaran Biologi. Sedangkan subjek penelitian adalah sebagai berikut:2 orang dosen sebagai ahli akan memvalidasi instrumen penelitian berupa angket. Dan 5 Guru SMA dan 30 siswa kelas XII SMA Pante Ceureumen sebagai responden yang memberikan respon terhadap media AR. Teknik Pengumpulan Data sebagai berikut angket, validasi, wawancara. Hasil wawancara dari guru memberikan respon positif dalam tindak lanjut pengembangan media pembelajaran  AR sebagai media pembelajaran, untuk pengembangan media ajar berbasisi digitatal dan dapat menggunakan Hp maka media ini tentu dapat mempermudah guru dan siswa untuk lebih memahami  materi  bergambarkan 3D dan soal yang berbentuk 3D. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa terhadap media AR diketahui bahwa 30 siswa tidak mengetahui AR, disekolah belum menggunakan media AR, AR juga belum pernah digunakan pada pembelajaran Biologi. Selanjutnya, topic materi biologi yang dianggap sulit oleh siswa yaitu Rangka dan tulang, organ tubuh manusia, transpor membrane sel, virus, sel-sel darah. Pada topic ini sangat diperlukan media pembelajaran berbasisi Augmented reality (AR).

 

Kata-kata kunci: Augmented Reality, pengembangan media pembelajaran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anderson, R.H., (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arda, E. S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada MataPelajaran Teknik Dasar Elektronika Pada SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3: 237-243.

Asyhar, R (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality. Teleoperatorts and Virtual Enviroments. 6: 355-385 Bacca, J., Baldiris, S., Fabregat, R., Graf, S., dan Kinshuk. (2014). Augmented Reality Trends in Education: A Systematic Review of Research and Applications. Educational Technology & Society, 17 (4): 133-149.

Bhardawaj, A., dan Goel, S. (2014). A Critical Analysis of Augmented Reality bu Applicability of IT Tools. International Journal of Information and Computation Technology. 4: 425-430.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid 2 (Edisi Ketiga). Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Djamarah, S. B., dan Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy. (2006). Teori VSEPR Kepolaran, dan Gaya Antar Molekul.Malang:

Bayumedia Publishing, Cet. 1.

Fibriani, L., Damris, M., dan Risnita. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasidan Hasil Belajar Siswapada Materi Kesetimbangan Kimia SMA. Jurnal Universitas Jambi. 3 (1): 1-5. Diakses di: https://media.neliti.com/media/publications/71183-ID-pengembangan-multimedia-pembelajaran.

Fuaidah, T. (2016). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Media Augmented Reality pada Mata Pelajaran IPA di Kela VI MI Nurus Syafi’I Gedangan

Sidoarjo. (Skripsi, Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya). Diakses dari:

http://digilib.uinsby.ac.id/12850/1/Abstrak.pdf

Furht, B. (2011). Hand Book of Augmented Reality. Department of Computer and

Electrical Engineering. 3: 1-356.

Hanafi, H.F., & Samsudin, K. (2012). Mobile learning Environment System

(MLES): The Case of Android-based Learning Application on Undergraduates’ Learning. International. Journal of Advanced Computer

Science and Applications. 3 (3): 63-66.

Harjanto, (1997). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Iordache, D., Pribeanu, C., dan Balog. (2012). A. Influence of specific AR capabilities on the learning effectiveness and efficiency. Studies in

Informatics and Control. 20 (10): 1-8.

Keller, J. M., (1987). Development and Use of the ARCS Model of Motivational Design. Department of Educational Research. 10 (3): 2-19

Lyu, M. R., (2012). iDigitable. Department of Computer Science and Engineering.

Mehdipour, Y., & Zerehkafi, H. (2013). Mobile Learning for Education: Benefits and Challenges. Internasional Journal of Computational Engineering Research. 3(6): 93-101.

Amdani, Nining, & Purnamasari, A. I. (2022). Pengembangan Media Belajar Menggunakan Augmented Reallity Berbasis Android pada Konsep Panca Indera. Jurnal Teknik Informatika, 6(1). https://doi.org/10.36040/jati.v6i1.4719.

Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512.

Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital pada Start Up sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788.

Febriyanti, E., Kusmarni, Y., & Ma’mur, T. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Sejarah Daring (Studi Deskriptif Terhadap Guru Sejarah SMA di Kota Bandung). FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 147–154. https://doi.org/10.17509/factum.v10i2.38891.

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 418. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127.

Firdanu, R., Achmadi, S., & Adi Wibowo, S. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276–282. https://doi.org/10.36040/jati.v4i2.2657.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Realita melalui Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 772–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.810.

Imawati, Y., & Chamidah, A. N. (2018). Efektivitas Media Berbasis Augmented Reality terhadap Kemampuan Anak Tunarungu Mengenal Kebudayaan Yogyakarta. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 26–34. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25164.

Krisnandry, F., & Bahri, S. (2020). Implementasi Teknologi Augmented Reality (AR) pada Aplikasi Smart Book Reaksi Redoks dan Elektrokimia Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Desktop. Jurnal Kompoten Dan Aplikasi, 8(1). https://doi.org/10.26418/coding.v8i1.39212.

Lesmana, D. (2018). Kandungan Nilai dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 211–126. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi