UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS XI.MIA-2 SMA NEGERI 1 WOYLA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Abstrak: Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (12,50%) siklus I (62,50%) dan siklus II (91,66%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi penerapan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia, serta penggunaan strategi model pembelajaran numbered head together dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran BiologiI tingkat SMA.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Materi Sistem gerak pada manusia, Pelajaran Biologi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Depdiknas, (2003), Lembaran Negara Republik Indonesia Undang-Undang RI Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas
Djamarah, BS. Dan A. Zain, (1996), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta
E, Mulyasa, (2003), Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara
Hamalik, Oemar, (1999), Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
John, K., Bilhart,. J. Ganales, Gloria, (1998), Effective Group Discussion, Boston, McMillan Publishing Company
Irnaningtyas, (2014) Pelajaran Biologi, Jakarta: Erlangga.
Aryulina, Diah, dkk. (2007). Biologi SMA dan MA Untuk Kelas XI. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Syamsuri, Istamar, dkk. (2004). Biologi Untuk SMA Kelas XI. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kartini Kartono, (1974), Pengantar Metodologi Research Sosial, Bandung: Alemel
Meier, Dave. (2004) The Accelerated Learning. (Terjemahan). Bandung : Kaifa.
Ratna W., Dahar, (1989), Teori-teori Belajar. Jakarta, Universitas Terbuka
Richard I, Arends, (1997), Classroom Instruction And Management. New York, Mc. Graw-Hill Book Co. Inc
Robert, E Slavin., (1997), Educational Psycology, Theori and practice (Fourth Edition, Massachusetts, USA, Allyn and Bacon Publishers
Rusyan, Tabrani. dkk, (1994), Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung, Remaja Karya
Sardiman, A.M, (1996), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Simanjuntak, Lisnawaty. Dkk, (1992), Metode Mengajar Matematika 1. Bandung, Rineka Cipta
Slameto, (1995), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, (1995), Cooperatif Learning : Theori Research and Practice, Boston: Allyn and Bacon Publiser
Soejanto, Agoes., (1979), Bimbingan Ke arah Belajar yang Sukses. Surabaya : Rineka Cipta
Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra, (1995), Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Universrsitas terbuka
Sudjana, N, (2002), Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algasindo
Suryabrata, Sumadi, (1990). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset
Winarno Surachmad, (1978), Pengantar Metodelogi Ilmiah, Bandung: Tarsito
Winkel. W.S, (1987), Psikologi Pengajaran. Jakarta , Gramedia
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi