UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS XI.MIA-2 SMA NEGERI 1 WOYLA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Marzuki Marzuki

Abstract


Abstrak: Upaya meningkatkan  hasil belajar siswa melalui penerapan  model  pembelajaran numbered head together pada pelajaran Biologi materi  Sistem Gerak pada Manusia di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (12,50%) siklus I (62,50%) dan siklus II (91,66%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi penerapan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia, serta penggunaan strategi model pembelajaran numbered head together dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran BiologiI tingkat SMA.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Materi Sistem gerak pada manusia, Pelajaran Biologi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Depdiknas, (2003), Lembaran Negara Republik Indonesia Undang-Undang RI Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Djamarah, BS. Dan A. Zain, (1996), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta

E, Mulyasa, (2003), Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Bumi Aksara

Hamalik, Oemar, (1999), Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

John, K., Bilhart,. J. Ganales, Gloria, (1998), Effective Group Discussion, Boston, McMillan Publishing Company

Irnaningtyas, (2014) Pelajaran Biologi, Jakarta: Erlangga.

Aryulina, Diah, dkk. (2007). Biologi SMA dan MA Untuk Kelas XI. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Syamsuri, Istamar, dkk. (2004). Biologi Untuk SMA Kelas XI. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Kartini Kartono, (1974), Pengantar Metodologi Research Sosial, Bandung: Alemel

Meier, Dave. (2004) The Accelerated Learning. (Terjemahan). Bandung : Kaifa.

Ratna W., Dahar, (1989), Teori-teori Belajar. Jakarta, Universitas Terbuka

Richard I, Arends, (1997), Classroom Instruction And Management. New York, Mc. Graw-Hill Book Co. Inc

Robert, E Slavin., (1997), Educational Psycology, Theori and practice (Fourth Edition, Massachusetts, USA, Allyn and Bacon Publishers

Rusyan, Tabrani. dkk, (1994), Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung, Remaja Karya

Sardiman, A.M, (1996), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Simanjuntak, Lisnawaty. Dkk, (1992), Metode Mengajar Matematika 1. Bandung, Rineka Cipta

Slameto, (1995), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, (1995), Cooperatif Learning : Theori Research and Practice, Boston: Allyn and Bacon Publiser

Soejanto, Agoes., (1979), Bimbingan Ke arah Belajar yang Sukses. Surabaya : Rineka Cipta

Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra, (1995), Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Universrsitas terbuka

Sudjana, N, (2002), Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algasindo

Suryabrata, Sumadi, (1990). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset

Winarno Surachmad, (1978), Pengantar Metodelogi Ilmiah, Bandung: Tarsito

Winkel. W.S, (1987), Psikologi Pengajaran. Jakarta , Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi