PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK SISWA SMA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

Fetro Dola Syamsu, Yan Piter Basman Ziraluo

Abstract


ABSTRAK: Laboratorium virtual adalah tempat terjadinya proses kegiatan eksperimen secara elektronik dengan menggunakan aplikasi atau simulasi yang ada pada komputer. Virtual Laboratory merupakan media yang digunakan untuk membantu memahami suatu pokok bahasan dan dapat menjadi solusi keterbatasan atau ketiadaan perangkat laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengembangkan laboratorium virtual untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Kaway XVI Kelas X Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat yang berlokasi di gampong Keude Aron Kecamatan Kaway XVI.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian adalah prosedur yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan data ataupun informasi untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian. Dari hasil penelitian bahwa laboratorium virtual dapat membantu siswa dalam pembelajaran apalagi laboratorium virtual dapat digunakan degan biaya terjangkau meskipun penggunaan laboratorium virtual tidak sama seperti penggunaan lab pada umumnya tetapi penggunaan laboratorium dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran.

Kata kunci : Laboratorium, Pembelajaran Siswa, Biologi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustine, I. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap. Nilai Perusahaan. Jurnal Finesta, 2(1) , 42-47.

Bungin, B. (2013). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan. Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Sadiman, A.S. (2010). Media Pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Ziraluo, YPB. (2020). Pembelajaran Biologi: Implementasi dan Pengembangan. NTB: FP Aswaja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi