PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM SOLVING TENTANG MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SMP/MTs

Ennike Gusti Rahmi, Destaria Sudirman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving materi pencemaran lingkungan yang valid dan praktis untuk SMP/MTs.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah mode 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian (­define), perancangan (design), pengembangan ((develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena keterbatasan biaya dan waktu penelitian.Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan dihasilkan LKS pada materi pencemaran lingkungan telah valid dengan persentase 82,76%. Praktikalitas yang diperoleh dari guru dengan persentase 87,3% dan siswa dengan persentase 86,30%. Dengan demikian LKS yang dikembangkan dapat dikatakan valid berdasarkan hasil uji validasi dan praktis berdasarkan hasil uji praktikalitas yang telah dilaksanakan.

 

Kata kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Berbasis Problem Solving


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arlis. Lufri. dan Sudirman. 2006. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Eza, Gita Noveri, dkk. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk SMA. Vol. 1 No. 2. Hlm. 75-80.

Hamalik,Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana

. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi