UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI KELAS VI SDS BAKTI II JL. KELADI NO. 61 KEL. TANJUNG MULIA KEC. MEDAN DELI

Siti Rahmadhani Siregar, Kurniati Kurniati

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema I Selamatkan Makhluk Hidup Subtema I Tumbuh Sahabatku di  SDS. Bakti II. Penelitian dilaksanakan di SDS BAKTI II jalan Keladi no 61, Kelurahan: Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan: Medan Deli.  Selanjutnya, kegiatan penelitian akan dilaksanakan di kelas VI pada materi yang diajarkan tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan yaitu mencangkok pada mata pelajaran IPA dimulai pada September tahun 2021. Subjek penelitian terdiri  dari  siswa  laki-laki  19  dan  siswa  perempuan  21  dan keseluruhannya berjumlah 40 siswa. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  secara kolaboratif. Alat  pengumpul  datanya adalah  tes  uraian.  Analisis  data  yang  digunakan  adalah pelaksanaan  pembelajaran  ketuntasan  individu,  ketuntasan  klasikal,  dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Sebelum  menggunakan  metode  pembelajaran  Demonstrasi  hasil  belajar siswa  belum  mencapai  nilai  KKM  yang  telah  di  tentukan yaitu 80. Hal ini dapat  dilihat dari  nilai  rata- rata  pada  saat  pra- siklus  sebesar  51,5  dari  40  orang siswa  dengan  ketuntasan   klasikal    sebanyak  3 siswa  (7,5%). (2) Setelah  menggunakan  metode  pembelajaran  demonstrasi  hasil  belajar siswa  dapat  meningkat,  hal  ini  terbukti  pada  siklus  I  hasil  belajar  siswa memiliki  nilai  rata- rata  77,82 dengan  ketuntasan  klasikal  siswa sebanyak  21  siswa  (52,5%)  yang  mencapai  tingkat  ketuntasan.  dan  pada siklus  II  diperoleh  nilai  rata- rata  90,05  dengan  ketuntasan  klasikal siswa  sebanyak  37 siswa  (92,5%). (3) Penerapan  Proses  metode  pembelajaran  demonstrasi  pada  mata pelajaran  IPA  materi  mencangkok  di  kelas  VI  SDS BAKTI II jalan Keladi no 61, Kelurahan: Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan: Medan Deli  berjalan  dengan  baik  sesuai  dengan  RPP yang  telah  direncanakan.  Hal  ini  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa, dimana  dengan  menggunakan  metode  demonstrasi  pembelajaran  IPA dapat  memberikan  dampak  positif  terhadap  hasil  belajar  karena  siswa terlihat  lebih  bersemangat  dan  aktif  dan  percaya  diri  selama berlangsungnya  proses  pembelajaran  dengan  menggunakan  metode pembelajaran  demonstrasi  tersebut.

 

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sadirman, 2010, Pengelolaan Pengajaran, PT Rhineka Cipta, Jakarta.

Nashar, 2004, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Dilia Press, Jakarta

Istarani, 2014, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan.

Suprijanto, 2012, Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi, Bumi Aksara, Jakarta.

Rusydiyah, dkk, 2016, Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi