PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA TORSO PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANTE CEUREUMEN KEC PANTE CEUREUMEN KAB ACEH BAR

Authors

  • Feri Irwan STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Khairil Hadi STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Discovery Learning; Hasil belajar siswa; pendekatan kuantatif; system pernafasan; Torso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery learning
berbasis torso Terhadap hasil belajar siswa dengan menyelesaikan soal system pernafasan berbentuk multiphe
choise. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan ini adalah pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen yang berjumlah 48 siswa. Instrument penelitian
dalam penelitian ini adalah lembar tes dengan bentuk soal Multiphe choise. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan
uji hipotetesis dan tahap kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pante Ceureumen pada tanggal
18 september 2019 sampai dengan selesai. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa banyaknya siswa yang
hasil belajarnya kurang khususnya pada materi Sistem Pernafasan, dari 24 orang dikelas experimen hanya 1
orang siswa yang mendapatkan nilai 80 pada Posttest dan dikelas Kontrol hanya 1 orang yang mendapatkan nilai
80. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa hasil belajarnya rendah yaitu siswa kurang teliti dalam melakukan
pembelajaran, adanya Kesulitan yang dialami mengakibatkan siswa memberikan hasil yang berbeda dengan
jawaban yang diminta. Sikap terburu-buru dari siswa dalam menyelesaikan soal juga memicu kesalahan pada
penyelesaian soal. Kurangnya ketelitian siswa dalam membaca soal yang diberikan juga menyebabkan kesulitan
yang lain yaitu siswa kurang memahami maksud dari soal sehingga siswa tidak mengetahui langkah-langkah
penyelesaian yang harus dilakukan.

Downloads

Published

2023-11-20