PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KAWAY XV

Authors

  • Herayana STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Khairil Hadi STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Fetro Dola Syamsu STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Modul ; Model 4-D; Keanekaragaman Hayati; Pendekatan Jelajah Alam Sekitar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Validitas modul pembelajaran biologi berbasis
pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan; 2). Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar melalui modul
pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan; 3). Respon siswa terhadap modul biologi
berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakakan adalah Penelitian
pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D, dimulai pada tahap
define (pendefinisian) dengan menganalisis tujuan, tahap design (perencanaan) dengan menyusun modul, tahap
develop (pengembangan) yang menghasilkan modul yang telah direvisi dan telah di uji cobakan pada uji terbatas di
lapangan. Adapun yang menjadi Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 2
SMA N 1 Kaway XVI pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan siswi
perempuan terdiri dari 14 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data uji
coba diperoleh; 1) Modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan sangat
valid, ditinjau dari hasil validator ahli bahasa, ahli materi dan ahli bahasa, rata-rata validasi ahli sebesar 94,3%
dengan kategori Sangat Valid 2). Modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dilihat dari hasil belajar yang berupa pre test dan post test yang
dikerjakan oleh siswa. Rata-rata hasil Post test siswa sebesar 81,81% dengan kategori Sangat Efektif 3). Respon
positif siswa terhadap modul pembelajaran berbasis pendekatan jelajah alam sekitar yang dikembangkan, rata-rata
respon siswa terhadap modul yang dikembangkan sebesar 88,67% dengan kategori Sangat Praktis.

Downloads

Published

2023-11-20